Sabtu, 29 Maret 2014

Bornéo Barat yang Istiméwe


BORNEO BARAT merupekan suatu wilayah yang istiméwe, gitu' ga' ngan negeri-negerinye dan segenap rakyatnye/masyarakatnye. Temasok di antare keistimewean itu adelah karene Borneo Barat merupekan salah satu wilayah di Kepulauan Melayu ni yang punye banyak kerajean/kesultanan yang hingge kini kerajean-kerajean/kesultanan-kesultanan tesebot maseh mawjod di atas dunie ini (di antarenye ade juga’ yang dah tak ade agék). Keberadean kerajean-kerajean/kesultanan-kesultanan itu juga’ bejejak pade ramainye jurai keturonan kerajean-kerajean/kesultanan-kesultanan yang dimaksod. Jurai keturonan kerajean-kerajean/kesultanan-kesultanan di Borneo Barat ni nyebar merate di bebagai negeri di Borneo Barat, bahkan tak sikit ga’ yang nyebar ke bebagai negeri laénnye di luar wilayah Bornéo Barat.

Tak payah kalau kite nak tau siape-siape ja’ jurai keturonan bangsawan kerajean-kerajean/kesultanan-kesultanan di Borneo Barat ni, tingok ja’ pade namenye yang name depannye merupekan gelar kebangsawanan yang dimaksod (khusus kerabat Kesultanan Pontianak dan Kerajean Kubu, selaén ade gelar kebangsawanannye pade name depannye, juga’ ade name keluarge/fam pade name name belakangnye: Al-Qadri/Al-Qadrie dan Alaiydrus/Al-Idrus).

Setelah Sultan Hamid II difitnah, didakwe, diukom, dan dipenjare oleh negare antah berantah yang pekak badak bin pekak beruang ni, negeri-negeri di Borneo Barat pon memasok’ék mase-mase yang gelap buta’. Oleh penguase negare baru yang zhalém ni (melaluék kaki tangannye yang bebelinatan dan betépék'an dose), méntal rakyat/masyarakat Borneo Barat ditekan sedemikian rupe sehingge selalu berade dalam ketetekanan.

Dalam keadean tetekan itu, sesiapepon takde yang berani negak’kan kepala’, kecuali hanye segelintér orang segelintér kaom yang merupekan kaki tangan penguase pusat yang pandai nyerupe dan nyusop, nyembunyi’kan wajah bedosenye, lalu menampak'kan tampangnye yang seakan-akan manusie baék-baék, ciri khas manusie munafiq.

Rakyat negeri jadi merane, gitu’ ga’ halnye dengan para bangsawan kaom kerabat kerajean/kesultanan. Bahkan dalam hal nuléskan namenye, bangsawan kaom kerabat kerajean/kesultanan haros pandai-pandai nyembunyi’kan identitas supaye tadak dianggap sebagai feodalis. Misalkan bangsawan kaom kerabat Kesultanan Pontianak dan Kerajean Kubu beserte jurai keturonanye nuléskan name depan “Syarif” disingkat menjadi “Sy” ja’, gitu’ ga’ “Syarifah” disingkat menjadi “Syf” ja’ (gitu’ ga’ dengan jurai keturonan Ahlul Bait laénnye yang selaén bangsawan kaom kerabat Kesultanan Pontianak dan Kerajean Kubu). Bahkan ade ga’ yang sampai ngilangkan name depan “Syarif” dan “Syarifah” tu. Gitu’ ga’ dengan name belakang “Al-Qadri”/“Al-Qadrie” kemudian diobah menjadi tak telalu nampak éjean Arab-nye menjadi “Al-Kadri”/“Al-Kadrie”/“Alkadri”/“Alkadrie” ja’, bahkan ramai ga’ yang hanye disingkat menjadi “Alk” ja’.

Sebagaimane yang nimpa’ bangsawan kaom kerabat Kesultanan Pontianak dan Kerajean Kubu beserte jurai keturonannye, gitu’ ga’ halnye yang nimpa’ bangsawan kaom kerabat kesultanan-kesultanan/kerajean-kerajean laénnye di Bumi Borneo Barat beserte segenap jurai keturonannye. Misalkan, name depan “Gusti” disingkat menjadi “Gst” ja’, name depan “Radén” disingkat menjadi “Rd” ja’. Ape hal jadi macam itu? Tentunye ade pihak-pihak tetentu yang mberé’kan tekanan méntal sedemikian rupe, bahkan menakot-nakot’ék secare fisik, sehingge para kaom bangsawan berade dalam téror méntal yang bekepanjangan.

Name tu merupekan identitas, gitu’ ga’ gelar kebangsawanan dan name keluarge/fam yang melekat pade name seseorang tu juga’ merupekan identitas. Takde satu pihak manepon yang boléh melarang-larang seseorang atau suatu kaom dalam hal pengasi’an name serte melekatkan gelar kebangsawanan dan name keluarge/fam pade namenye. Hanye negare fasis ja’ yang biasenye betebé’at macam ini ni (melarang name diri’ yang merupekan salah satu penunjok identitas kebangsean seseorang pade suatu kaom/bangse, bahkan sampai-sampai name sejati dari suatu kaom/bangse pon dilarang digunekan, padehal name kaom/bangse yang dimaksod tu merupekan identitas sejati dari kaom/bangse tesebot, kemudian haros digantikan dengan name yang laén yang sesuai dengan keingénan Pusat Kekuasean).

Dan satu yang haros tetap dikedepankan, bagi bangsawan kaom kerabat kerajean-kerajean/kesultanan-kesultanan di Borneo Barat beserte jurai keturonanye sepatotnye mempunyei derajat akhlaq, derajat keimanan, serte derajat keilmuan yang menjulang puncak. Dengan demikian, identitas negeri dan bangse yang melekat pade namenye tu sepadan dengan kualitas diri’nye, sebagaimane derajat/kualitas istiméwe para pemangku’ negeri-negeri bedaulat di Borneo Barat ni di mase silam. Dengan demikian, sehingge keistiméwean yang dimaksod tetap bejejak dan betapak hingge hari ini di negeri-negeri tanah kelahéran kite, negeri-negeri yang kite junjong serte kite cintei besame-same. Takde laén dan takde bukan ape-ape sebabnye tu, karene sejatinye Borneo Barat semémangnye istiméwe. Borneo Barat yang istiméwe, itulah yang ‘kan selalu menjadi alu-aluan kite besame. [HM]


~ Tanah Betawi, Penghujong Marét 2014 ~


* Catatan ini ditulés lam Bahase Melayu Loghat Pontianak

** Sumber gambar ilustrasi: Album FB Hanafi Mohan


Dimuat di Laman Blog "Arus Deras"

Selengkapnya.....

Jumat, 21 Maret 2014

Ihwal Inspirasi


Inspirasi itu tak mudah mendapatkannya. Kadang ia datang tiba-tiba, lalu pergi menghilang seketika. Terkadang juga ia sudah ada di dalam genggaman, entah mengapa lalu tiba-tiba lenyap sirna entah ke mana tak tau rimbanya.

Pada dogma itu logika berputar-putar, karena jalannya buntu, sehingga sentiasa berjumpa dengan jalan yang dimaksud (jalan buntu). Begitu pula inspirasi, jika buntu ia, lalu berputar-putarlah ia karena tak menemukan jalan keluar. Oleh karena kebuntuan itu, maka lesatkanlah ia melewati garis/keluar dari garis, out of box.

Logika yang berputar-putar alias berbelit-belit biasanya diidap oleh sesiapapun yang tak mau keluar dari zona aman mindanya. Bahkan dalam hal bernegara, logika berbelit-belit adalah penyakit akut yang mendera hampir setiap kepala, dari penguasa, cerdik cendekia, hingga rakyat jelata.

Sebagaimana logika yang lurus itu lahir dari kepala yang bersih, maka begitu pula inspirasi yang jernih itu hadir dari perenungan yang mendalam. Ketika menulis, dari perenungan yang mendalam, kemudian terpancarlah inspirasi nan jernih, yang huruf per huruf, kata per kata, kalimat per kalimat, setiap jengkal isi tulisan itu dirangkai dengan segenap penghayatan. Bahkan tak jarang si penulis larut di dalam tulisannya itu, karena itulah pancaran jiwanya yang membuahkan pemikiran, lalu mewujud rangkaian tulisan.

Bermula dari inspirasi, bermuara ke tulisan, sesederhana atau sekompleks apapun ia-nya. Sulit kiranya karya-karya itu mawjud tanpa bermula dari suatu inspirasi. Tinggal selanjutnya daya kreatif lah yang mengolah inspirasi itu menjadi sesuatu yang bermakna. Inspirasi dan kreativitas berpadu-padan dengan semesta wawasan, lalu bertelingkah dengan realita kehidupan, sehingga tersurat dan tersirat pesan yang membumi. Tulisan yang awalnya merupakan dialog antara si penulis dengan minda dan jiwanya, kemudian juga berdialog dengan pembacanya.

Inspirasi itu sejatinya lalu-lalang dengan bebas di alam sekitar kita/alam maya. Kita tak perlu menangkapnya sebagaimana polisi menangkap penjahat, atau tak sepatutnya pula kita mengurungnya sebagaimana hewan yang dikurung di dalam sangkar. Kita hanya perlu mendekatinya, bahkan kalau bisa menjemputnya, lalu bersahabat dengannya, mengajaknya bercengkerama, lalu mengkreasikan dialog-dialog itu pada karya. Dan inspirasi akan sentiasa pada kesejatiannya sebagai makhluk yang bebas, sebagaimana setiap makhluk tak ingin dikekang dan dijajah oleh otoritas apapun, kecuali hanya mengabdikan hidupnya kepada kebenaran. [HM]


~ Tanah Betawi, Medio Maret 2014 ~


Sumber gambar ilustrasi: http://indragede.blogspot.com/


Tulisan ini dimuat di Laman Blog "Arus Deras"
Selengkapnya.....

Selasa, 11 Maret 2014

Mudék ke Ulu


Di alam dunie ni, segale macam ragam makhlok tu bepasang-pasangan serte belawan-lawanan, tak tekecuali uga’ kate-kate. Dalam masyarakat Melayu, untok nunjokkan arah tu ade “ulu” yang belawanan ngan “ilé’”, kemudian ade ga’ “darat” nang belawanan ngan “laot”.

Satu kate yang nak kite tela’ah yaitu kate “ulu”. Kate ini (ulu) punye banyak makne, yang bise bemakne “muasal aléran sungai”, kemudian turonan dari makne tesebot yaitu “muasal segale sesuatu”, “kepala’”, “pangkal”. Di dalam Bahase Melayu juga’ dikenal kate “penghulu”, “ngulu’kan”, “ulu piso’”, “ulu parang”, “ulu ati”, “Orang Ulu” (selaén itu ade juga’ dikenal kate “Orang Darat” dan “Orang Laot”), “kulu/ke ulu” sebagai lawan kate dari “kilé’/ke ilé’”, dan beberape yang laénnye.

Pasangan dari kate “ulu” ielah “mudék”. Kate “mudék” beakar kate dari kate “udék”. Udék bemakne "sungai yang sebelah atas (arah dekat sumber)", "daerah di ulu sungai", juga’ bemakne "kampong halaman (tempat beasal-muasal)". Mudék bemakne "pegi ke udék", juga’ bemakne "balék ke kampong halaman". Ketike disebotkan “mudék”, make pasangan katenye yang serasi tak laén tak bukan adelah “ulu”. Mudék ke ulu.

Dua’ kate ini ("ulu" dan "udék") pade banyak sisi merupekan kate yang bemakne same dan sejajar. Pebédean dua’ kate tesebot lebéh pade beberape kate turonannye ja’, yang mane dua’ kate ini (beserte kate-kate turonannye) digunekan dalam kalimat dengan maksod dan keadean yang bebede pula’ tentunye.

Begitu’lah khazanah bahase kite, yang kirenye takde abés-abésnye bile digali’. Karene itulah pula’, sepatotnye kite toksah besikap telalu nggampangkan khazanah bahase yang sekaye Bahase Melayu ni. Sepatotnye kite nempatkan hal-éhwal bahase ni pade tempatnye yang patot ga’. Dengan gitu’ make akan tetap tejage dan terawat dengan baék lah tentunye khazanah Bangse Melayu ni. Dengan demikian semuge kite sentiase tak'kan pernah lupa’ untok mudék ke ulu, walaupon hanye sesekali. [HM, Tanah Betawi, 3 – 11 Maret 2014 Miladiyyah]


*Ditulés lam Bahase Melayu Loghat Pontianak

**Sumber poto ilustrasi: http://www.antarafoto.com/


Tulésan ini dimuat tang Laman Blog "Arus Deras"
Selengkapnya.....

Jumat, 07 Maret 2014

Pesanggrahan, 12 Tengah Hari


Hari ini adalah hari ke-tiga awal masa perkuliahan semester genap tahun akademik 2013/2014. Ciputat berdetak terus dengan segala aktivitas warganya. Pada awal masa perkuliahan ini, Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tentunya tak seperti hari-hari biasa pada liburan semester. Jalan Pesanggrahan yang biasanya pada saat liburan agak sepi, kini kembali normal. Seperti apakah normalnya Jalan Pesanggrahan? Coba saja keluar pada saat istirahat makan tengah hari (makan siang), sekitar jam 12 hingga jam 1 tengah hari.

Jalan Pesanggrahan adalah jalan di samping Kampus 1 UIN Jakarta, yang merupakan jalan pemukiman. Di jalan ini ramai masyarakat dan mahasiswa yang bermukim. Di masa-masa aktif perkuliahan, Jalan Pesanggrahan ini sungguhlah padat. Puncak kepadatannya yaitu ketika istirahat makan siang. Mahasiswa, Pegawai UIN Jakarta, dan entah siapa-siapa lagi penuh berjejal-jejal memenuhi badan jalan demi memenuhi hajat kampong tengah yang harus segera diisi, juga hajat-hajat lainnya (memfoto-kopi, menulis tugas di rental komputer, mencari data di warung internet, dan sebagainya, dan sebagainya). Dari para pejalan kaki, motor, mobil, semuanya tumpah ruah di satu jalan ini. Belum lagi ditambah dengan para penjual makanan dan minuman, pengamen, pengemis, dan sebagainya yang juga berkepentingan di jalan yang sangat ramai ini.

Cuaca Tanah Betawi pada saat tengah hari ini sangatlah cerah, walaupun mentari tak terlalu benderang sinarnya. Sungguh pun begitu, panas khas Tanah Betawi jangan ditanyakan lagi bagaimana menyengatnya, panas yang bercampur dengan polusi, panas yang mengendap, panas yang anginnya pun terasa panas. Bulir-bulir peluh sudahlah pasti bereaksi, angin pun enggan untuk berhembus. Kalaupun ada angin yang berhembus, ya itu tadi, angin yang lebih banyak unsur panasnya dibandingkan unsur sejuknya. Angin yang kering.

Riuh rendah suara tentulah pula tak terkira, belum lagi ditambah dengan raungan para pengamen dengan berbagai macam ragam jenis musik. Yang begitu berkesan dari musik yang dipersembahkan oleh satu pengamen kali ini adalah lagu era ’80-an - ’90-an. Lamat-lamat terdengar seperti suaranya biduanita yang bernama Dian Piesesha. Dan memang suara Dian Piesesha adanya yang terdengar itu. Si Pengamen cukup sambil membawa seperangkat Tape Kaset, lalu menyetel perangkat audio itu keras-keras, sambil satu persatu menyinggahi kedai-kedai makan yang dipenuhi oleh orang-orang yang sedang kelaparan.

Lagu-lagunya Dian Piesesha ini telah mampu membawa suasana nostalgia ke masa-masa bertahun-tahun silam. Tapi tetap saja suara merdu Dian Piesesha tak mampu mengusir panas yang menyengat di tengah hari ini. Dan Jalan Pesanggrahan tetap tegar dengan suasananya yang ramai berjejal-jejal yang dilengkapi dengan suara yang riuh rendah tak terkira. [HM, Tanah Betawi, 5-6 Maret 2014]


* Sumber foto ilustrasi: Fans Page "Jl. Pesanggrahan Samping UIN Ciputat"


** Tulisan ini dimuat di Laman Blog "Arus Deras"

Selengkapnya.....

Selasa, 25 Februari 2014

Budak-Budak Tepi Laot


Ade yang tau sampan ndak? Haaa, sampan ni merupekan pemaénan kamé'-kamé' budak-budak Tepi Laot/Tepi Sungai waktu keci'-keci' lok. Kalau jeman kamé' maséh keci' lok, di kampong kamé' nun dah takde naro' Kebon Getah, paléng-palénglah tinggal ade Pokok Getah sepokok dua' pokok ja’. Biasenye Buah Getah tu kamé'-kamé' ambé', lalu kamé'-kamé' jadikan Buah Guli untok Maén Guli.

Jeman kamé' keci' lok, di kampong kamé' nun maséh ade naro' utan. Isi' lam utan tu antare laén yang kame' ingat yaitu: bemban, buloh keropok, buah nasi'-nasi', pokok getah, ubi kayu’, cengkodok, pucok buas-buas, ubi rambat/ubi jalar, pokok sagu', rumpot miang/rumpot miyang, pokok rengas, pokok asam, keladi serawak, pokok mengkudu, pokok pisang (ade pisang singepor, ade pisang masak ijau, ade pisang nipah, ade ga’ pisang kipas), pokok kelapa', keladi birah, pokok nangka', pokok jambu' tukal, pokok gelimbing buloh/belimbing buloh, pokok nangka’ belande, pokok jambu’ bol, pokok kedondong, pokok cempedak, pokoknye banyaklah kalau nak disebotkan satu pesatu.

Dalam utan lok tu kamé'-kamé' biasenye maén perang-perangan, maén sumpit-sumpit, dan beberape pemaénan yang laénnye. Keluar tak keluar dari lam utan tu, badan pon terase gatal alias miang/miyang, lalulah bekisai, biaselah tekena' rumpot miang. Kadang ga' badan ni calar-balar dan luka' kena' tumbok batang pokok, mao'pon tecucok pokok dan rumpot yang beduri'-duri'. Kalau muke ni jangan ditanya'kan agé’, lumos dah pastilah dah tu. Takde laén tempat yang dituju abés itu tu, langsunglah nuju ke laot, melabor lam sungai/lam aé’, berendam besimbor limbor besimbah baoh sampailah njejak Nggeréb. Naék tak naék, badan pon dah basah liyos, begitu’ pon mate dah mérah cekong raong.

Tapi tunggu lok, naék mandi’… naék mandi’ mang, tapi kalau nak masok romah ramailah yang mundor maju. Ape pasal? Tak berani naék ke romah, takot kena' sembat/simbat alias kena' pelasah alias kena’ belanat alias kena’ pepah pakai ulu penyapu. Tapi Emak ngan Bapak kamé' tadak pandai pula' tu nak nyimbat-nyimbat dan melasah-melasah, paléng-palénglah kena' litérkan/létérkan ja' sikit, dah itu kena' suroh cepat-cepat pegi ke Langgar/Surau, sualnye tu biasenye kamé' dapat tugas ari-ari di Surau/Langgar dekat romah, langganan jadi Tukang Bang/Tukang Azan. Tabé'at budak-budak tang kampong kamé' kalau dah di Surau/Langgar tu lalulah berebot-rebot nak tepekék kaong nak nunjokkan suarenye pakai mikropon surau tu. Di antarenye tu ramailah yang suarenye tu acam kumbang nebok tiang. Kalau dah balék dari Surau/Langgar, lalulah kena' suroh Belajar Ngaji pula', biasenye tu nderas bacean-bacean yang udah-udah.

Kamé’ nak nyambong sikit lok pasal besemangat pegi ke Surau/Langgar. Budak-budak kalau dah berade tang Surau/Langgar tu selaén berebot-rebot nak tepekék kaong tepekék jerét Bang Nggeréb, kadang biasenye agendenye tu nak menggile tang Surau, serte juga’ nak ngacau dan ngurat budak-budak puan-puan. Mang yang sedap tu pas dah mase bulan puase, jadi rajén Sembayang Terawéh ngan Sembayang Suboh ke Surau/Langgar gare-gare ade yang nak ditemuék (siape agé’ kalau bukan karene ade yang nak diurat).

Dolok tu tiap suboh Bulan Puase ramailah budak-budak mude belie lalu-lalang tang atas gertak, tang témbok (orang-orang tempat kamé’ biasenye nyebot Jalan Raye tu Témbok), tang atas Jembatan Tol (orang-orang tempat kamé’ biasenye nyebot Jembatan Kapuas/Jembatan Kapuas 1 tu Jembatan Tol), bekumpol tang depan Korém/depan Kantor Walikote Pontianak, bekumpol tang sekitar kawasan Mesjéd Jami' Sultan Syarif ‘Abdurrahman Al-Qadrie (Mesjéd Jami’ Kesultanan Pontianak), cék-cék-nye ték Sepot lah katenye tu. Kalau tengah ari-nye sepi lalu, orang-orang betale mbesa'kan tai' mate. Tapi jangan cube-cube pas nak ujong-ujong Bulan Puase, di pasar tentulah ramai manusie, sampai-sampai nak neloskan kaki ja' payah. Kalau kamé' tengah ari-nye suke berendam lam aé'. Naék tak naék, aos pon jadi ilang. Kalau sekarang-sekarang ni tak payah-payah pakai berendam lam aé' segale, pegi ja' ke pasar sana', dapat secawan dua' cawan És Shanghai jadilah untok sekedar nahankan larat, sehingge dapat nyampaikan puase njejak waktu Buke. ###

[Hanafi Mohan | Tanah Betawi, 11-14 Februari 2014]


* Tulésan ini saye tulés dalam Bahase Melayu Dialék Pontianak/Bahasa Melayu Dialek Pontianak dengan Metoda SPK (Sebar Pancing Komén). Sesiape yang nak tau cammane pula' tu Metoda SPK yang dimaksod, nanté'lah boléh saye jelaskan éhwalnye tu.

** Sumber Poto/Gambar ilustrasinye ni saye lupa' dari mane dapatnye, sualnye dah lumayan lama' saye simpan di komputer saye ketike Googling pade tanggal 12 April 2012. Salahnye saye waktu itu tu Link aslinye tu tadak saye catat/simpan. Saye bemohon kalau kebetolan ade si yang punye poto ni teténgok postingan saye ni untok segere ngasi' tau melaluék koméntar di postingan ini, sekalian dengan Link asli-nye di mane saudare pernah memposting poto yang dimaksod. Yang pasti saye ngucapkan banyak-banyak ma'kaséh kepade saudare yang dah memoto kampong saye ni (Kampong Tambelan, Tambelan Sampét/Tambelan Sampit, Pontianak Timor/Pontianak Timur) yang saye pekirekan poto ini dipoto sekitar taon '80-an akhér atau taon '90-an awal hingge taon '90-an petengahan, yang mase-mase itu merupekan mase-mase ketike saye maséh keci' atau maséh besekolah SD.


Tulésan ini dimuat tang Laman Blog "Arus Deras"
Selengkapnya.....