Selasa, 11 Maret 2014

Mudék ke Ulu


Di alam dunie ni, segale macam ragam makhlok tu bepasang-pasangan serte belawan-lawanan, tak tekecuali uga’ kate-kate. Dalam masyarakat Melayu, untok nunjokkan arah tu ade “ulu” yang belawanan ngan “ilé’”, kemudian ade ga’ “darat” nang belawanan ngan “laot”.

Satu kate yang nak kite tela’ah yaitu kate “ulu”. Kate ini (ulu) punye banyak makne, yang bise bemakne “muasal aléran sungai”, kemudian turonan dari makne tesebot yaitu “muasal segale sesuatu”, “kepala’”, “pangkal”. Di dalam Bahase Melayu juga’ dikenal kate “penghulu”, “ngulu’kan”, “ulu piso’”, “ulu parang”, “ulu ati”, “Orang Ulu” (selaén itu ade juga’ dikenal kate “Orang Darat” dan “Orang Laot”), “kulu/ke ulu” sebagai lawan kate dari “kilé’/ke ilé’”, dan beberape yang laénnye.

Pasangan dari kate “ulu” ielah “mudék”. Kate “mudék” beakar kate dari kate “udék”. Udék bemakne "sungai yang sebelah atas (arah dekat sumber)", "daerah di ulu sungai", juga’ bemakne "kampong halaman (tempat beasal-muasal)". Mudék bemakne "pegi ke udék", juga’ bemakne "balék ke kampong halaman". Ketike disebotkan “mudék”, make pasangan katenye yang serasi tak laén tak bukan adelah “ulu”. Mudék ke ulu.

Dua’ kate ini ("ulu" dan "udék") pade banyak sisi merupekan kate yang bemakne same dan sejajar. Pebédean dua’ kate tesebot lebéh pade beberape kate turonannye ja’, yang mane dua’ kate ini (beserte kate-kate turonannye) digunekan dalam kalimat dengan maksod dan keadean yang bebede pula’ tentunye.

Begitu’lah khazanah bahase kite, yang kirenye takde abés-abésnye bile digali’. Karene itulah pula’, sepatotnye kite toksah besikap telalu nggampangkan khazanah bahase yang sekaye Bahase Melayu ni. Sepatotnye kite nempatkan hal-éhwal bahase ni pade tempatnye yang patot ga’. Dengan gitu’ make akan tetap tejage dan terawat dengan baék lah tentunye khazanah Bangse Melayu ni. Dengan demikian semuge kite sentiase tak'kan pernah lupa’ untok mudék ke ulu, walaupon hanye sesekali. [HM, Tanah Betawi, 3 – 11 Maret 2014 Miladiyyah]


*Ditulés lam Bahase Melayu Loghat Pontianak

**Sumber poto ilustrasi: http://www.antarafoto.com/


Tulésan ini dimuat tang Laman Blog "Arus Deras"
Reaksi:

1 ulasan:

  1. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah se orang TKW yg bekerja di kilang selangor malaysia, dan secara tidak sengaja sy lihat comentar pak Ramli dari singapur di internet tentang pesugihan dana hibah AKI SYEH MAULANA yg telah membuatnya sukses, saya pun coba buka situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya dan lihan no tlp aki, Saya pun langsug hubungi aki dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan uang RM 200 ribu yg sy minta benar benar terbukti dan semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan, Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita semua, cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya, Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses, Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

    BalasHapus