Sabtu, 12 November 2011

Mozaik Borneo




"Tahun 400 Zaman Mulawarman". [termaktub pada Batu Bertulis di Kutai Lama (batas Samarinda), tulisannya di dalam Bahasa Sanskrit]

"Senkala Tahun 110. Hidup Mati. Suwarga." [termaktub pada Batu Bertulis (masyarakat setempat menyebutnya “Monggo Bata”) di Sanggau (Borneo Barat)]

Sekitar tahun 400 Masehi, Borneo telah memasuki zaman sejarah dengan ditemukannya Prasasti Yupa peninggalan Kerajaan Kutai.

Tiga kerajaan besar di Bumi Borneo yaitu: Borneo (Brunei/Barune), Succadana/Sukadana (Tanjungpura/Bakulapura), dan Banjarmasin (Nusa Kencana).

Luasnya Borneo (Kalimantan) yaitu 743.330 km². Borneo merupakan pulau terbesar ketiga di dunia. Borneo berada di tengah-tengah Asia Tenggara.

Sungai-sungai terpanjang di Borneo adalah: Sungai Kapuas (1143 km), Sungai Barito (880 km), Sungai Mahakam (980 km), Sungai Rajang (562,5 km).

Negeri-negeri yang berada di Bumi Borneo adalah: Brunei Darussalam, Sabah, Sarawak, Borneo Barat, Borneo Tengah, Borneo Selatan, Borneo Timur.

Gunung Kinabalu (4095 m) merupakan gunung tertinggi di Borneo, terletak di Negeri Sabah.

13 kota besar di Bumi Borneo berdasarkan jumlah populasi tahun 2010 dan perbandingan dengan tahun 2000 yaitu: Samarinda, Kuching, Banjarmasin, Kota Kinabalu, Balikpapan, Pontianak, Miri, Palangka Raya, Banjarbaru, Tarakan, Singkawang, Bontang, dan Bandar Seri Begawan. [~;~]


(dikompilasi dari berbagai sumber)


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Hanafi Mohan
Ciputat, 1 - 10 November 2011
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -


Tulisan ini sebelumnya telah dijadikan sebagai Update Status Twitter @hanafimohan dengan HashTag: #Mozaik_Borneo.

Sumber Gambar: http://www.lonelyplanet.com/

Tulisan ini dimuat di: http://hanafimohan.blogspot.com/

Reaksi:

1 ulasan: