Jumat, 13 Maret 2009

(4) Untuk Menulis juga Harus Banyak Membaca

Aktivitas menulisku akhir-akhir kadang lancar, namun kadang juga tersendat. Satu sisi aku cukup "senang" juga dengan hal ini, walaupun kadang di sisi lain hal itu juga memuakkan, membuat pikiranku seperti berhenti bergerak.

Pada waktu senggang menulis atau memang tak ada yang mau ditulis, maka aku mencoba untuk mengisinya dengan membaca, membaca berbagai hal, dan membaca berbagai macam ragam. Kalau anda sudah membaca tulisan-tulisanku yang terdahulu, mungkin anda mengerti dengan "membaca" yang kumaksud.

Salah satu kegiatan "membaca" yang familiar dengan anda tentunya adalah "membaca buku" ataupun membaca tulisan. Nah, kini di sela-sela tak ada tulisan yang mau ditulis, maka akupun membaca meberapa koleksi buku temanku. Temanku itu kebetulan lagi tidak ada di kamar. Daripada buku-bukunya itu terdiam saja tanpa dibaca, maka kubacalah beberapa buku-buku yang tersimpan rapi di lemarinya itu.

Dalam membaca, aku memang agak selektif. Karena kalau tidak, tentunya kita ingin membaca semua buku yang ada di hadapan kita itu. Aku hanya membaca buku-buku yang ingin kubaca. Maksudnya, aku hanya membaca buku-buku yang menurutku dari judulnya cukup menarik untuk kubaca.

Ketika membaca pun, aku menggunakan metode cepat. Sehingga memang tidak semua isi buku itu bisa dibaca, namun hanya beberapa bagian saja yang menurutku itu menarik untuk dibaca. Dalam bagian yang dibaca itu pun, kadang cara membacanya loncat-loncat. Kalau kira-kira sudah ada yang sudah kuketahui, maka aku akan meloncat ke bagian atau hal lainnya yang belum kuketahui. Begitu seterusnya. Karena memang pada dasarnya, motivasi kita membaca adalah karena ada yang ingin diketahui. Kalau memang hal tersebut sudah diketahui, maka sepertinya sedikit sekali manfaat yang didapatkan dari membaca tersebut. Kalaupun kita membaca sesuatu yang sudah kita ketahui, maka membaca tersebut lebih kepada pengayaan mengenai yang kita baca itu.

Setiap saat bagiku begitu berharganya, terutama dalam aktivitas menulis. Karena itu, sangat disayangkan jika di waktu senggang tidak menulis, waktu-waktu tersebut digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. [Hanafi Mohan]


*** Ciputat, Kamis 12 Maret 2009 / 09.46-10.07 WIB

0 ulasan:

Posting Komentar