Minggu, 19 Februari 2012

Harmonik Borneo



Kami di Borneo selama ini selalu hidup damai sentausa, tak pernah ada konflik antar pemeluk agama. Multi Etnik, Multikultur, begitulah Borneo. Bagi yang mau berbuat macam-macam di Bumi Borneo (infiltrasi ideologi, mazhab agama, dan sebagainya), maka Bumiputera Borneo pasti akan menolak kalian.

Memangnya kalian itu siapa? Bisa-bisanya mau mengatur-atur Negeri Orang. Bukan karena kalian itu dari Pusat Kekuasaan lantas kemudian peradaban semua negeri di atas dunia ini mesti seragam dengan “Peradaban Antah Berantah" yang kalian bawa.

Kalian yang berada di Pusat Kekuasaan tak usah sok-sok mengajari kami tentang Multikulturalisme, karena Borneo sudah Multikultural dan Kosmopolis sejak dahulunya. Sebenarnya kalian yang berada di Pusat Kekuasaanlah yang bermasalah dengan Multikultural itu, bukanlah kami yang di Tanah Borneo.

Wahai kuasa zalim, wahai puaka kegelapan, wahai penyebar ideologi kelam, wahai para penyandang senjata yang kejam, jangan pernah kau usik-usik lagi kehidupan masyarakat kami yang selama ini selalu harmonik.

Wahai kuasa zalim, wahai puaka kegelapan, wahai penyebar ideologi kelam, wahai para penyandang senjata yang kejam, kalian boleh punya skenario begini dan begitu, tapi Bumiputera Borneo takkan pernah gentar menghadapinya, karena Putera-Puteri Borneo punya skenarionya tersendiri, demi menegakkan marwah dan daulat Borneo, demi Harmonik Borneo yang sudah terjalin berkelindan yang terbina semenjak masa para leluhur Borneo hinggalah kini.

Sultan Hamid II (Sultan Pontianak yang ke-VII) menyatakan bahwa Borneo berdiri di atas 3 (tiga) kaki tungku, yaitu: Dayak, Melayu, dan Tionghoa. Karena itulah, mengingat pernyataan Sultan Pontianak tersebut, maka jangan sampai satu kaki pun dari tiga kaki tungku itu yang menjadi patah. Satu kaki saja pun yang menjadi patah, maka robohlah Borneo. Satu saja yang disakiti, maka yang lain akan merasakan sakit yang sama. [~]


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Hanafi Mohan
Tanah Betawi, Medio Februari 2012
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -



Sumber Gambar: http://apvalentine.students.uii.ac.id/

Tulisan ini dimuat di: http://hanafimohan.blogspot.com/

Reaksi:

1 ulasan:

  1. Hanapi Bin Abdul Kadir14 Maret 2012 21.48

    Mantap!!!!!
    Hidup Kalbar
    Hidup Borneo
    Hidup Melayu

    BalasHapus