Kamis, 26 Februari 2009

(3) Membaca tentang Menulis


Membaca adalah bagian lain dari menulis. Bagi penulis pemula, maka membaca kiat-kiat menulis juga cukup penting. Membaca pengalaman orang lain menulis juga tak kalah pentingnya. Tapi yang harus tetap diingat, kiat menulis tersebut hanya sekedar kiat. Selanjutnya, kita sendiri juga harus memiliki kiat yang khas dengan diri kita.

Tulisan-tulisan yang mengupas kiat-kiat menulis cukuplah menjadi landasan awal kita untuk menulis. Selanjutnya, kitalah yang mengembangkan sendiri. Kiat-kiat tersebut cukuplah menjadi pemacu kita untuk menulis, bukanlah kitab suci yang tak bisa diganggu-gugat.

Pada saat-saat tertentu, membaca tentang menulis juga perlu kita lakukan untuk memupuk kembali semangat menulis yang sudah kendor. Selain itu, juga untuk mencari nuansa-nuansa lain dalam menulis. Kadang ada saja hal-hal baru yang kita dapatkan setelah membaca tulisan seperti itu.

Kita bisa mendapatkan tulisan mengenai menulis dari berbagai sumber. Bisa dari buku yang memang khusus membahas hal tersebut, dari koran, majalah, ataupun dari internet. Yang pasti, kita tak kehabisan sumber untuk mendapatkannya.

Dan yang tak kalah pentingnya, setelah membaca tulisan mengenai menulis tersebut, semangat kita akan semakin terpacu. Karena itu, janganlah berdiam diri. Kita langsung menulis, menulis apa saja. Begitu banyak tema yang bisa kita tulis. Tulislah hal-hal yang ringan dahulu. Buat saja tulisan-tulisan pendek, ringan, dan apa adanya. Yang pasti, semangat kita untuk menulis harus terus menyala-nyala. Dengan begitu, kita tidak sia-sia membaca tulisan mengenai menulis. [Hanafi Mohan/Ciputat, Kamis 26 Februari 2009]


Tulisan ini dimuat di: http://www.hanafimohan.com/


Sumber Gambar: http://madaraonline.wordpress.com/
Reaksi:

0 ulasan:

Poskan Komentar