Senin, 21 Januari 2008

Tingkat Kecurigaan

Tingkat Kecurigaan

Oleh: Hanafi Mohan


Yang kutulis kali ini adalah memang benar-benar pengalamanku. Walaupun ini baru kesimpulan sementaraku saat menjadi Surveyor LSI.

Begini,

1) Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, maka semakin tinggi pula tingkat kecurigaan orang tersebut terhadap orang lain.
2) Semakin tinggi tingkat perekonomian seseorang, maka semakin tinggi pula tingkat kecurigaan orang tersebut terhadap orang orang lain.

Jadi, semakin seseorang itu pintar (berpendidikan tinggi), maka semakin tinggi tingkat kecurigaan orang tersebut terhadap orang lain. Tingkat perekonomian seseorang juga menjadi faktor penting dalam hal ini. Semakin orang tersebut kaya, maka semakin tinggi pula tingkat kecurigaannya kepada orang lain.

Jadi, orang yang berpendidikan rendah itu ternyata lebih memiliki moral yang mulia. Orang yang berpenghasilan biasa-biasa saja (atau bahkan miskin) ternyata lebih memiliki moral yang mulia.

Kecurigaan terhadap orang lain itu wajar saja menurutku. Tapi kalau kecurigaan tersebut sudah berlebihan dan cenderung “over protected”, maka hal tersebut menjadi tidka terlalu baik.

Salahkah aku jika berkesimpulan, bahwa pendidikan yang tinggi dan tingkat perekonomian yang baik tidak sekaligus menjadikan orang tersebut memiliki akhlak yang mulia dan terbuka terhadap orang lain? [Aan]


Ciputat, Jum’at-13 Juli 2007

Reaksi:

2 ulasan:

  1. Khatulistiwa skarang smakin panas..

    Pakabar nya dikota Pertautan,
    moga slalu dilindungi sang maha kuasa, dan terjaga dari marabahaya. Amin...

    Thanks uda mo mampir,

    cerpen kamu bagus,
    Kratif terus, pandang mundur..

    Salam Dakwah...!!!

    Pontianak, khatulistiwa..!!!

    BalasHapus
  2. dari dulu kali .... Pontianak memang panas.

    kabar di Kota Pertautan baik2 aja tuh.

    tengkyu ya udah mampir ke blogku.

    trims apresiasinya terhadap Cerpen2ku.

    salam dari kejauhan,
    Hanafi Mohan

    BalasHapus