Selasa, 01 Desember 2009

Lagi Jatuh Hati Kepada Lenka


Like a Song, begitulah salah satu judul lagu Lenka. Setelah mendengar lagu inilah kiranya yang membuat aku jatuh hati kepada biduan yang satu ini. Memang akhir-akhir ini aku jarang sekali mendengarkan lagu-lagu terbaru dari grup band/penyanyi Indonesia. Entah mengapa, mungkin karena telingaku tak bisa lagi mendengarkan lagu-lagu dari grup band/penyanyi Indonesia yang kini kebanyakan tak berkualitas. Mungkin juga karena aku tak ingin merusak intuisi musikku dengan mendengarkan lagu-lagu sampah yang bertebaran di jagad musik Indonesia kini.

Namun ada pilihan lainnya jika aku tetap mau menikmati musik. Pertama, mendengarkan lagu-lagu dari grup band/penyanyi lawas Indonesia. Atau setidaknya lagu-lagu yang beredar sampai batas tahun 2004. Kedua, mendengarkan lagu-lagu Barat. Ketiga, mendengarkan lagu-lagu Senandong Melayu, Arabia, ataupun India.

Karena itulah, akhir-akhir ini aku lebih sering mendengar lagu dari grup band rock lawas seperti God Bless dan Gong 2000, serta lagu-lagu jazz Indonesia era 80-90'an, dan beberapa grup band dan penyanyi era 80'an.

Kalau lagu-lagu Barat, hampir semua jenis musik aku lahap, baik lagu-lagu lawas, maupun lagu-lagu terbaru. Termasuk juga di dalamnya lagu-lagu berirama latin dan instrumentalia (klasik dan juga modern), dari Mozart, Vivaldi, Beethoven, hingga Richard Claydermen, Yanni, Vanessa Mae, Bond, Kitaro, Safri Duo, Dave Koz, Kenny G, dan Maksim. Sedangkan pilihanku untuk mendengarkan lagu-lagu Senandong Melayu, Arabia, dan India tak lain adalah untuk menyeimbangkan intuisi musikku dengan nuansa musik dunia Timur.

Begitulah kiranya, dalam beberapa hari ini aku telah terpikat kepada Lenka. Sebenarnya baru beberapa hari ini aku mendengarkan lagu-lagunya, tapi musik dan alunan suaranya telah membuat aku "jatuh cinta pada pendengaran pertama".

Terus terang, aku belum terlalu banyak tahu mengenai Lenka. Tapi yang pasti suaranya cukup unik, begitu juga dengan musiknya. Serasa gimanaaa gitu. Menurut info salah satu situs berita (kapanlagi.com), bahwa Lenka merupakan penyanyi pop alternatif asal Australia. Lenka sebelumnya adalah seorang bintang televisi di Australia.

Penyanyi yang bernama lengkap Lenka Kripac ini mengusung musik pop pseudo-indie. Lagu-lagunya memang lebih pantas untuk diperdengarkan pada audiensi yang lebih luas daripada hanya di dalam sebuah situs indie saja.

Pilihan lagunya pun cukup manis. Dengan tema sehari-hari seperti putus cinta (Wrote Me Out), benci diri sendiri (Anything I'm Not), hubungan yang sulit (Dangerous & Sweet), dan hubungan jarak jauh (Skipalong), cocok sekali didengarkan dengan musiknya yang slow dan ringan, namun manis.

Tak hanya itu, Lenka pun menunjukkan teror setiap manusia yang kadang tidak begitu dipedulikan dalam Trouble is a Friend. Dalam single pertamanya, The Show, Lenka dengan gaya khasnya membuat kita ikut berpikir bahwa hidup ini hanyalah sebuah pertunjukan. Dan saat kehidupan tak sesuai dengan apa yang kita inginkan, kita berteriak, "I want my money back!"

Selain itu, beberapa lagu Lenka yang layak dan enak didengar juga antara lain: Like a Song dan Force of Nature. So, mau lanjut lagi nih mendengar rajikan musik dan alunan suara Lenka, biar semakin meresap ke hati. [Hanafi Mohan-Ciputat, Minggu 29 November 2009]


Sumber gambar: http://plagueofangels.blogspot.com/



Tulisan ini dimuat di: http://hanafimohan.blogspot.com/
Reaksi:

2 ulasan:

  1. yup lagunya kerren2 semua apalagi yang we will not grow old...super kerren dah pokoe

    BalasHapus
  2. Memang keren, suaranya pun unik...

    BalasHapus