Sabtu, 21 Desember 2019

Shalawat Nabi dan Senandong Melayu


Para orang tua di kampong kami semenjak anak-anaknya masih dalam buaian, sekiranya shalawat Nabi serta senandong Melayu lah yang selalu dilantunkan ke pendengaran anaknya. Semulanya memang berfaedah untuk menghibur dan mendodoikan anaknya. Tapi tak dapat disangkal pula, lantunan-lantunan shalawat dan senandong dimaksud menyelusup jauh ke dalam jiwa sang anak, yang itulah salah satunya yang membentuk karakternya semenjak belia.

Shalawat dan senandong sama-sama berfaedah melembutkan hati sang anak. Orang-orang Melayu yang lembut hatinya kemungkinan semenjak belia memang selalu mendengar shalawat dan senandong. Shalawat sepatutnya dilantunkan perlahan, dengan irama yang menyentuh, begitu pula senandong. Al-Qur’an yang dibaca atau didengarkan dengan penuh penghayatan biasanya tanpa sadar mampu meneteskan air mata orang yang membaca atau mendengarnya, sebegitu juga dengan shalawat dan senandong.

Benang-benang halus jiwa dan selubung qalbu orang Melayu akan mudah tersentuh oleh shalawat dan senandong. Oleh kerananya pula, budi bahasa orang Melayu itu begitu halus, lembut, dan sepatutnya juga berakhlaq mulia.

Di kampong kami, pembacaan shalawat menjadi keseharian masyarakat. Shalawat hidup hampir dalam setiap sisi kehidupan. Juga dalam seni orang Melayu, seperti Dzikir Hadrah dan Jepén (jepin/zapin). Shalawat merupakan suatu bentuk takzim kami kepada Nabi Muhammad Rasulullah Akhir Zaman. Melalui risalah tawhid yang dibawa dan disyi’arkannyalah, kami Bangsa Melayu hingga detik ini masih terus menjulangkan tamaddun.

Sebegitu shalawat, sebegitu pula senandong. Setelah alunan Kalam Ilahi (Al-Qur’an), Shalawat Nabi, dan kumandang Azan, maka tak ada lagi alunan di atas bumi ini yang mampu menyentuh jiwa kami selain daripada Senandong Melayu. Bila shalawat berisi puji-pujian kepada Rasulullah, juga sejarah hidup serta perjuangan beliau. Maka senandong lebih banyak mengandung bait-bait berkenaan perikehidupan orang Melayu. Biasanya berupa untaian-untaian sastera Melayu berbentuk pantun, gurindam, syair, seloka, dan nazham.

Setiap kelahiran anak-anak orang Melayu selalu disambut dengan azan dan iqamah. Tentu ayahanda dari si anak lah yang meng-azan-kan dan meng-iqamah-kannya. Dan saat anak tersebut berusia tiga bulan atau lebih, maka diadakanlah Acara Gunting Rambut dan Aqiqah. Ketika acara dimaksud, biasanya diisi dengan pembacaan Al-Barzanji, juga Syarful Anam dan Dzikir Hadrah, diiringi dengan membunyikan Tar.



Shalawat Badar tentu menjadi lantunan yang begitu sering menyelusup ke pendengaran kami semenjak kecil. Juga Shalawat Tibbil Qulub (Shalawat Syifa) yang dibaca menjelang Azan (Bang) Shalat Maghrib dan Shubuh di surau-surau dan masjid-masjid di kampong kami serta sekitarnya.

Senandong Laela Manja dan Senandong Anakku Sazali biasanya didendangkan ibunda kami ketika mengayun buaian, sehingga kami tertidur lelap. Ayahnda kami juga mendodoikan kami dalam pelukannya dengan lantunan shalawat dan dendang senandong.

Ketika masuk usia bersekolah, kami mulai diajar membaca Al-Qur’an. Biasanya sebelum masuk usia sekolah juga sudah diajarkan huruf hijaiyyah serta mengeja dan membaca Al-Quran Kecil (Juz Amma). Selain disekolahkan di sekolah formal (Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyyah) pada pagi hingga siang hari, kami juga disekolahkan di Madrasah Diniyyah Awwaliyyah pada siang hingga petang hari.

Pada usia ini kami juga mulai mempelajari Syarful Anam dan Dzikir Hadrah beserta Tari Redat-nya. Bagi yang tertarik dengan Jepén, maka pada usia ini pula mulai mempelajarinya. Dari semenjak belia karakter kami memang betul-betul terasah untuk peduli terhadap khazanah Bangsa Melayu ini.

Setiap malam Juma’at, Al-Barzanji dibacakan bersama-sama di surau, langgar, ataupun masjid di kampong kami. Al-Barzanji juga biasanya dibacakan pada acara-acara tertentu seperti menjelang dan setelah acara pernikahan, maulud Nabi Muhammad, khatam Al-Qur’an, berkhitan (bersunat), gunting rambut, dan aqiqah. Pada acara-acara tersebut juga biasanya dibacakan Shalawat Dala’ilu Al-Khayrat, Burdah, Diba’, serta Syarful Anam dan Dzikir Hadrah.

Selebihnya tentu begitu banyak pula khazanah Bangsa Melayu yang kami dengar bahkan pelajari semenjak belia. Dari pantun, syair, gurindam, seloka, nazham, ghazal, dan tentunya senandong dengan berbagai rentak iramanya. Sedemikian kayanya khazanah bangsa kami, seakan-akan tak ada habis tak ada hentinya untuk digali. Terhampar tanggungjawab di hadapan untuk generasi kini dan berkelanjutan untuk generasi masa depan demi menjaga, menjulangkan, serta menggemilangkan khazanah-khazanah tersebut.

Hasbunallah wa ni’ma al-wakil. Laa hawla wa laa quwwata illa billah. [~]



Hanafi Mohan,
Tanah Betawi, Sabtu, 24 Rabi’ul Akhir 1441 Hijriyyah/
bertepatan dengan 21 Desember 2019 Miladiyyah



Sumber gambar ilustrasi: https://www.attaubah-institute.com/ dan https://www.eramuslim.com/

0 ulasan:

Posting Komentar